Minggu, 23 November 2008

LEJJA




Pic By Ela
Kabupaten Soppeng merupakan daerah yang berada di Propinsi Sulawesi-Selatan. Jarak yang ditempuh sekitar 3-4 jam dari kota madya Makassar.
Salah satu wisata alam yang dimilikinya yaitu wisata permandian air panas Lejja yang berada di daerah Batu-batu. Lokasinya dapat ditempuh kurang lebih 2 jam dari kota Watansoppeng.
Tempat wisata ini menjadi tempat idaman bagi warga Kabupaten Soppeng. Selain dapat menikmati keindahan alamnya disepanjang jalan kesana (tentunya sangat menantang), kita juga bisa mandi dengan air hanyatnya. Banyak pula orang yang kesana untuk memanfaatkan sumber air panas untuk pengobatan misalnya orang-orang yang gatal-gatal pada tubuhnya, umumnya menyempatkan waktu ke Lejja untuk mandi karena diyakini bahwa air permandian disana bisa untuk mengobati, dan juga dipercayai dapat membantu mengobati jerawat.
Kabupaten Soppeng yang sebagian masyarakatnya notabene masih menganut kepercayaan terhadap hal-hal yang mistis, terkadang masih banyak yang ke sana mengucapkan niat akan suatu kegiatan yang ingin ia lakukan dan apabila berhasil akan kembali ke tempat itu (Lejja). Kadang terdapat orang yang menggantung kaleng di pohon (simbol pengharapannya) dan akan kembali melepas kaleng tersebut jika yang ia inginkan terwujud.
Pic pertama menunjukkan daerah puncak dan sumber keluarnya air panas Lejja. Hembusan belerang dan uap air panasnya begitu terasa dan segar saat kita mendekatkan diri.
Lokasi sekitar permandian ini sangat mendukung para pengunjung yang ingin menginap bersama keluarga. Tersedia vila yang disewakan dan cukup terjangkau. Terdapat pula Baruga Lejja yang dapat dimanfaatkan untuk pertemuan-pertmuan atau rapat (Seperti yang biasa dimanfaatkan oleh IMPS/ mahasiswa soppeng).
Bagi orang-orang yang berkunjung di Kabupaten Soppeng sungguh sangatlah rugi jika tidak menyempatkan diri ke daerah wisata ini "Wisata Permandian Alam Air Panas Lejja"

Tidak ada komentar: