Senin, 09 Februari 2009

Ners in My Opinion


Kurang lebih 2 tahun yang lalu, saat masih duduk di bangku SMA, saya masih tetap berpikir harus menjadi seorang dokter dan harus mendaftar SPMB jurusan kedokteran umum UNHAS. Akhirnya, Kedokteran Umum menjadi pilihan pertamaku. Karena saya memilih jurusan IPA maka harus menentukan 2 pilihan. Saya bingung harus memilih jurusan apa. Dasarnya saya tertarik akuntasi, tapi jurusan ini bidang IPS dan orang tuaku sendiri melarang mengambil jurusan IPS, katanya sih sulit dapat kerja alias banyak menganggur sih (Maaf y yang jurusan IPS, ini cuman pendapat orang tuaku aj ko)...


Beberapa pertimbangan yang terpikirkan, dan melihat penuntun SPMB, mataku tertuju pada jurusan Ilmu Keperawatan UNHAS yang nota bene berada pada Fakultas Kedokteran. Saya berpikir, kalau saya tidak ditakdirkan untuk menjadi dokter, maka saya harus bekerja dengan dokter. Saya usulkan kepada Bundaku, dia bilang sih terserah saya saja yang penting pilih kedokteran lah. Dengan pikiran yang simple, saya pilih Ilmu Keperawatan UNHAS pada pilihan keduaku.
Yang membuatku miris, saat pemeriksaan tes buta warna, saat seorang dokter bertanya, "kamu mau ambil jurusan apa kalau kuliah?". Jawabku,"pilihan pertama Kedokteran dan pilihan ke dua keperawatan". Dokter tersebut langsung bilang,"ngapain kamu jadi perawat? Mau jadi pembantu dokter?"

Brakkkkk...Pikiranku langsung kacau, aduh menjadi perawat ternyata akan menjadi pembatu, kerjanya kecil, gajinya kecil, banyak capek pastinya, selalu disuruh-suruh, atau direndahkan sama dokter...
Belum lagi mendengar cerita dari Om dan Tanteku,"perawat...aits, apaji mau kau kerja itu na". Aduh...ucapan dari mereka yang memandang perawat begitu enteng membuatku semakin berpikir, perawat hanyalah pekerjaan yang biasa-biasa saja, dipandang sebelah mata oleh orang apalagi oleh dokter sendiri...

Sempat saya mengubah pilihan keduaku "FKG", tapi orang tua ku bilang,"kalau mau menjadi dokter harus dokter umum, tidak usah mi dokter yang lain". Duh...saya tambah pusing, pengembalian formulir juga semakin mendesak. Untungnya, saya konsultasi dengan sepupuku yang mengambil jurusan keperawatan di UIN dan beberapa seniorku yang memilih bebas tes jurusan keperawatan..Nah, hal ini lagi yang membuatku tambah bingung, kalau memang seorang perawat dipandang enteng, ko' seniorku bela-belain mengurus bebas tes untuk keperawatan...
Detik pengembalian formulir, saya ubah kembali pilihan kedua ku menjadi "Ilmu Keperawatan UNHAS" dengan harapan kalau memang saya ditakdirkan pada jurusan ini semoga saya bisa membuktikan kalau pandangan dokter, Om, dan Tanteku itu sangat salah..
Akhirnya, pengumuman SPMB keluar....
Jreng, jreng, jreng....Saya lulus di pilihan kedua. Saya jalani studyku di jurusan Ilmu Keperawatan UNHAS dengan semangat yang biasa-biasa saja, dengan kekecewaan tidak lulus pada pilihan pertama (tidak memenuhi harapan orang tua untuk menjadi seorang dokter), dengan pikiran akan menjadi pembantu dokter pada akhirnya...
Seiring waktu berjalan, saya melihat orang-orang yang study di keperawatan seperti orang yang luar biasa, bahkan seorang senior bernama Andi Baso Tombong memperlihatkan kepada kami semangat seorang perawat, menunjukkan kepada kami kalau perawat itu pekerjaan yang sangat mulia, lebih mulia dari seorang dokter. Selain itu, melihat beberapa dosen keperawatan yang menunjukkan prestasi yang wah dan mendengar pengalaman-pengalaman mereka saat bekerja membuat pikiranku berubah.
Saat ini, dalam benakku saya selalu berpikir kalau profesi perawat bukanlah hal yang biasa-biasa saja tapi memang pekerjaan yang mulia, lebih mulia dari dokter, perawat lebih intensif bekerja dan mendampingi pasien hingga sembuh...

3 komentar:

Anonim mengatakan...

semangat yach buat tujuan mulianya..apapun nantinya dan yng akn terjadi tetap semangat ya kawan.. berharap Semua telah ada yang mengatur..dan yakin klo Ia akan memberi kita yang terbaik walaupun tidak semudah yang kira krn sesungguhnya Tuhan Maha mengetahui..

Unknown mengatakan...

kasian banget tuh dokter. masih berpikir seperti itu.

Unknown mengatakan...

Bwt Ka' Ella.Ners i2 lbh bæk loh dr pd Doctor.Ntar Klw dh Prktek D lpgn Br ngrasa'in dh enakx.Kk'Q ja . . Dksh mknan loh ma pasienx,pdhl br knal.2T